Senin, 31 Desember 2012

RPP+pendikar = PROSES DUPLKASI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP Nama Sekolah : SMK Muhammadiyah Kudus Mata Pelajaran : Produktif (Teknik Audio Video) Kelas/Semester : XII/ 6 Pertemuan Ke- : 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 ‘ Standar Kompetensi : 1. Membuat rekaman audio di studio Kompetensi Dasar : 1.1 Melakukan proses duplikasi Indikator : 1.Dijelaskan pengertian dari proses duplikasi atau penggandaan 2.Dihasilkan rekaman yang siap untuk diduplikasi I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1.menjelaskan perbedaan antara duplikasi disk (penggandaan) dan replikasi disk 2.menyebutkan keuntungan dan kerugian duplikasi disk 3.menyebutkan keuntungan dan kerugian replikasi disk 4.menyebutkan alat-alat duplikasi disk atau penggandaan 5.menjelaskan langkah-langkah proses duplikasi atau penggandaan yang menghasilkan rekaman untuk diduplikasi II.Materi Ajar 1. Proses duplikasi atau penggandaan 2. Macam-macam alat duplikasi III. Metode dan Model Pembelajaran 1. Metode : ceramah, demonstrasi,tanya jawab, penugasan. 2. Model Pembelajaran : Contextual, kolaborasi IV Langkah Pembelajaran 1. Pendahuluan: a.Guru bersama-sama siswa berdoa dengan khusyu dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan. b.Guru memberikan apersepsi keterkaitan antara SK/KD yang akan dibahas. c.Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran tentang pengertian duplikasi dan replikasi, d.Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian duplikasi dan langkah-langkah proses duplikasi. e.Guru menyampaikan kerangka materi tentang pengertian duplikasi dan langkah- langkah proses duplikasi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. 2.Kegiatan Inti: 2.1. Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: a. Melibatkan peserta didik secara mandiri dan bekerja keras mencari informasi yang luas tentang pengertian duplikasi dan langkah-langkah proses duplikasi dari berbagai sumber b. Mengunakan berbagai macam pendekatan pembelajaran dan sumber belajar lain untuk menjelaskan tentang pengertian duplikasi dan langkah-langkah proses duplikasi yang menghasil rekaman untuk diduplikasi. c. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru sebagai wujud peduli sosial, kerjasama dan persahabatan, lingkungan dan sumber belajar lainnya sebagai wujud peduli lingkungan d. Memfasilitasi peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran secara bertanggung jawab dan mandiri e. Memfasilitasi peserta didik untuk mencari pengertian duplikasi dan langkah- langkah proses duplikasi lewat internet atau media lain untuk menumbuhkan gemar membaca, rasa ingin tahu, disiplin dan kerja keras. 2.3 Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: a. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam sebagai wujud gemar membaca, kreatif dan rasa ingin tahu melalui tugas tertentu untuk pengertian duplikasi dan langkah-langkah proses duplikasi yang menghasil rekaman untuk diduplikasi. b. Memfasilitasi peserta didik mealui pemberian tugas untuk memunculkan gagasan baru baik secara kreatif dan disiplin tentang pengertian duplikasi dan langkah-langkah proses duplikasi yang menghasil rekaman untuk diduplikasi. c. Memberikan kesempatan untuk berfikir menganalisis sebagai wujud rasa ingin tahu, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut sebagai wujud tanggung jawab untuk menganalisis langkah-langkah proses duplikasi yang menghasil rekaman untuk diduplikasi. d. Memfasilitasi peserta didik dalam pemeblajaran kooperatif dan kolaboratif sebagai wujud toleransi, persahabatan dan komunikatif. e. Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar menganalsisi langkah-langkah proses duplikasi yang menghasilkan rekaman untuk diduplikasi untuk dirinya dan orang lain sebagai wujud menghargai prestasi 2.4 Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik positif kepada siswa dan penguatan dengan tanya jawab berkaitan dengan materi pelajaran pengertian duplikasi dan langkah-langkah proses duplikasi. b. Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik dari berbagai sumber. c. Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperolah pengalaman belajar yng telah dilakukan. d. Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai KD dengan membantu menyelesaikan masalah dan memberikan informasi motivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif terhadap permasalahan/kesulitan tentang pengertian duplikasi dan langkah-langkah proses duplikasi yang menghasilkan rekaman untuk diduplikasi. 3. Penutup a. Guru membimbing siswa secara mandiri untuk membuat rangkuman dari materi pengertian duplikasi dan langkah-langkah proses duplikasi. b. Guru melakukan penilaian (pos test) /refleksi terhadap kegiatan baik dari tugas kelompok maupun tugas mandiri secara bertanggung jawab.. c. Guru memberikan umpan balik terhadap materi pengertian duplikasi dan langkah- langkah proses duplikasi secara demokratis. d. Guru merencanakan tindaklanjut secara mandiri dalam bentuk program remedial, program pengayaan dan memberikan tugas mandiri maupn kelompok sesuai hasil belajar siswa. e. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar membaca dengan menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya untuk KD berikutnya. E.Alat/Bahan dan Sumber Belajar 1. Alat/Bahan : 1. 1 Laptop/Komputer 1. 2 File bahan ajar 1. 3 LCD 1. 4 Hardisk sebagi media rekam digital, Konektor, Soft ware, Soundcard 1. 5 Mikropone, Mixer Audio, equalizer, Audio Reverb, Tape recorder 1. 6 Pita kaset, CD blank 2. Sumber Belajar: 2.1 Internet http://homerecording.about.com 2.2 Internet www.shure.com 2.3 Internet www.soundonsound.com 2.4 Sri Waluyanti dkk, 2008, Sistem Pembuatan Master dan Rekaman, Direktorat Pembinaan SMK 2.5 Bambang Sumarno HM, 2009, Konversi Dan Kompresi File, Universitas Negeri Yogyakarta F. Penilaian 1. Jelaskan apakah perbedaan antara duplikasi disk dan replikasi disk itu! 2. Jelaskan dengan blok diagram alur proses duplikasi atau penggandaan disk yang anda ketahui! 3. Sebutkan macam-macam alat duplikasi! 4. Sebutkan keuntungan dan kerugian duplikasi! 5. Sebutkan keuntungan dan kerugian replikasi! Tugas mandiri (TM): Cari sumber diinternet tentang proses perekaman sistem analog dan sistem digital! Kunci jawaban 1. a.Duplikasi adalah proses penggandaan CD/DVD melalui proses Burnning pada Disc kosong. Proses ini dilakukan untuk produksi yang relatif sedikit. b.Replikasi merupakan Proses Penggandaan Media Disc (CD/DVD) dengan proses pabrikasi. jadi CD dibuat langsung dari bijih plastik dan tercetak beserta isinya langsung. biasanya CD ini sudah sepaket dengan Print offset pada label nya (bukan disablon atau di tempel kertas label). ciri lain dari CD ini adanya Judul CD pada lingkaran poros kepingan CD. dan kode Barcode kode ISSN dsb. 2. Proses duplikasi sbb:
3. Macam-macam alat duplikasi disk adalah a. duplikasi analog : pita kaset, tape corder, mikropone, mixer, audio mixer,open riel, audio kompresor, speaker monitor. b. duplikasi digital : keping CD blank, konektor, PC (hardware: sound card, soft ware: waveLab dan Sound Forge kalau yang freewarenya Wavosour, Soundengine. 4. Keuntungan dan kerugaian duplikasi sbb: Kelebihan : 1. Bisa dengan kuantitas sedikit 2. Kualitas lebih baik (tergantung Merk CD Blank) 3. tidak harus repot2 ke pabrik bisa dilakukan dirumah Kekurangan : 1. dianggap bajakan 2. kurang elegant 3. kadang berat diputar di Rom jika menggunakan Label kertas 20 5. Keuntungan dan kerugaian replikasi sbb: Kelebihan : 1. lebih Elegant 2. dianggap original 3. lebih murah kekurangan : 1. kualitas kadang kurang baik (tergantung kualitas Bijih plastik dan proses pabrikan) 2. tidak bisa duplikasi dalam jumlah sedikit (minimal 1000pcs) Kudus, januari 2013 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Purwanta Agung S, S.Pd, M.M Supriyadi, SPd, M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar